Minggu, 27 Januari 2013

cara mengajar guru yang menyenangkan=D


Metode mengajar yang aku sukai itu metode mengajar yg diterapkan bu Dian,beliau guru matematika dismaku. Cara beliau mengajar matematika membuat aku merasa 2 jam pelajaran itu cepat sekali berlalu. Cara beliau yg asik banget,bener-bener merubah konsep aku yg  matematika dipasangkan dgn guru killer.ternyata beliau tidak. Beliau suka memberikan quiz cepet-cepetan jawab yg paling cepat dibatasi 10 orang,cara itu bikin aku greget,penasaran tapi diburu waktu. Asik berasa kebut-kebutan sampai finish. Dan cara menerangkannya yg entah knp buat aku langsung “ngeh”. Walaupun soal-soalnya bisa dikatakan susaaaaaahhh banget tp itu mungkin melatih kita buat susah-susah dahulu,bersenang-senang kemudian. Ada lagi cara mengajar yg aku suka itu seperti caranya bu Mugi dipelajaran ekonomi dan leadership. Menurutku beliau menerapkan agar kita tidak terpaku pada satu sumber,karna sumber belajar itu banyak apalagi dizaman modern ini dgn adanya internet. Tidak tau sedikit saja bisa langsung search di internet,buku-buku diperpus juga banyak. Hidup kita sudah lebih gampang daripada zaman dulu. Seperti dipelajaran ekonomi,beliau suka menyuruh kita presentasi dgn mencari lewat 3 sumber. Awalnya aku berpikir “buat apa buku paket?apa kurang lengkap?” tp setelah mencari dari 3 sumber aku baru sadar kita bisa menemukan lebih banyak jawaban dibandingkan mengandalkan 1 sumber. Dari situ juga melatih kita buat memilah-milah mana yg penting-penting/pokok/benar dari berbagai macam jawaban. Dipelajaran leadership beliau juga secara tidak langsung menyuruh kita menggunakan kreatifitas yg kita punya dgn cara praktek. Setiap orang menurutku pasti punya cara kreatifitas sendiri-sendiri. Kreatifitas itu menurutku penting karna kalo kita sekolah cuman belajar-menghapal-mengerjakan tugas pasti kita udah kayak robot/zombie. Ada pula tugas yg sekarang beliau kasih ke kita adalah menulis karangan dgn minimal 500 kata. Awalnya aku bingung mau nulis apa karna 500 kata itu kan buanyaaaakkk bgd. Tapi setelah aku pikir-pikir itu bakalan berguna buat kita kuliah nanti. Apalagi setelah kata sepupuku dikuliah nanti kita disuruh buat paper jawaban,trus laporan peneliatan yg 500 kata itu masih digolongkan sedikit. Woaah x_x. Cara mengajar lain yg aku suka juga seperti cara bu Dini. Beliau memberi catetan terlebih dahulu baru diterangkan sehabis itu kita dikasih contoh soal,kalo contoh soal kita belum mengerti  juga,beliau pasti menerangkan dan dgn sabar menjawab pertanyaan murid-murid hehe. Baru deh abis itu kita dikasih latihan sendiri. Cara mengajar yg aku suka juga seperti yg diterapkan bu Endang,guru IPA diSDku. Disamping menerangkan pelajaran IPA beliau juga menyuruh kita secara tidak langsung menggunakan kreatifitas kita untuk menghapal nama lain IPA. Cara itu sampe sekarang aku pake buat  menghapal pelajaran. So BIG thanks buat bu Endang yg mencetuskan cara itu ke aku,i love you buuu<3  cara mengajar yg aku suka juga sepeti u Enti guru bhs.Indonesiaku adalah kita catatan itu didikte. Awalnya aku merasa capek,knp ga catet dipapan tulis aja ya?tapi lama kelamaan aku menyadari itu tuh membuat kita secara tidak langsung menjadi fokus dan saat belajar untuk ulangan tidak berat karena saat didikte kita juga mengingat apa yg guru bilang lalu kita menyalinnya yg kita inget ke dalam kata-kata dibuku kita. Jadi kita sudah hampir setengah memngingat materi itu,saat belajar buat ulangan kita hanya memantapkan hapalan itu supaya makin mantap hapalan kita. Beeeehh B-)

2 komentar: